Persiapan Reformasi Birokrasi Balitbang SDM

Bogor  –  Badan Penelitian dan Pengembangan SDM KemKominfo memenuhi undangan Biro Kepegawaian KemKominfo dalam rangka “Perhitungan Jumlah Kebutuhan Pegawai dan Penyusunan Proyeksi Kebutuhan PNS lima tahun kedepan di lingkungan KemKominfo” di Hotel Pramesthi, Bogor, 8-10 Juni 2012 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Pusat Penelitian dan  Pengembangan Aplikasi Informatika – Informasi dan Komunikasi Publik (Puslitbang APTIKA-IKP) telah memberikan proyeksi kebutuhan pegawainya dari hingga tahun 2016 mendatang.

Pada  tahun   2013  mendatang,   Puslitbang   APTIKA-IKP akan ditinggalkan oleh dua peneliti senior, satu teknisi litkayasa, dan satu pejabat struktural Eselon IV yang telah memasuki masa pensiun. Hal ini tentu akan berdampak bagi beban kerja Puslitbang APTIKA-IKP untuk mewujudkan hasil kajian berupa penelitian dan pengembangan bagi dua Direktorat APTIKA dan IKP.

Sejak digulirkan pada tahun 2010, Reformasi Birokrasi menjadi target yang dikejar instansi pemerintahan dalam rangka mewujudkan perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara.  Salah satu yang menjadi pokok pembahasan  Reformasi  Birokrasi adalah aparatur Negara atau lebih dikenal  dengan sebutan  Pegawai  Negeri Sipil (PNS).

Saat ini pemerataan kebutuhan PNS dengan beban kerja masih menjadi pekerjaan rumah yang panjang bagi setiap instansi pemerintah, termasuk juga Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam satu Kementerian saja, masih ada ketidakmerataan PNS dan beban kerja di masing-masing satuan kerja.

Ada satuan  kerja yang  memiliki  jumlah  PNS sedikit  sementara  beban  kerjanya berat, sehingga pekerjaan yang dihasilkan pun kurang maksimal. Sementara itu, ada jumlah PNS banyak tetapi beban   kerja  ringan. Hal ini menyebabkan kecemburuan sosial di lingkungan kerjanya.

Dalam rangka implementasi Road Map Reformasi Birokrasi KemKominfo serta membangun sistem   manajemen PNS yang efektif, Biro Kepegawaian dan Organisasi bersama-sama dengan pengelola  kepegawaian  dari  masing-masing satker   dilingkungan   KemKominfo   telah melakukan perhitungan   kebutuhan pegawai. Hal ini dilakukan setelah keputusan moratorium PNS hingga 2013 mendatang.

Hasil dari penyusunan formasi ini kemudian akan di sampaikan kepada Kementerian  Pemberdayaan  Aparatur  Negara  & Reformasi  Birokrasi  dan  Badan Kepegawaian Negara, sebelum akhirnya dibuka penerimaan Calon PNS pada tahun 2013. (nm)

(courtesy picture: website Kementerian Koordinator Bid. Perekonomian)

Print Friendly

Filed Under: Berita