Diklat Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Gelombang I Provinsi Kalimantan Selatan

Dalam rangka percepatan akuntabilitas keuangan pemerintah, Direktorat Jenderal Perbedahaaraan Kementerian Keuangan mengadakan  Diklat Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Gelombang I yang dilaksanakan di beberapa kota. Salah satunya kota tempat pelaksanaannya adalah di Banjarmasin tepatnya di Hotel Victoria, Jl. Lambung Mangkurat, dimulai sejak tanggal 27 Mei hingga 17 Juni 2012 jam 8.00 – 20.40 WITA.

Diklat Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Gelombang I (PPKAKP) dibuka oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Kalimantan Selatan Elin Sumarlina. Materi yang dibawakan adalah mengenai Undang-Undang Keuangan Negara, Undang-Undang Perbendaharaan Negara, Undang-Undang Pemeriksaan Pengelola & Tanggung Jawab Keuangan Negara. Selain itu Pembawa materi pada hari pertama adalah Sidang Juniarso Direktorat Pelaksana Anggaran (PA) serta Teddy dari DJPBN.

Materi yang disampaikan selama diklat meliputi Manajemen Aset, Manajemen Keuangan, Pelaksanaan DIPA/Revisi DIPA, Aplikasi RKA-KL, Aplikasi DIPA, Aplikasi SPM, Aplikasi SIMAK BMN, Sistem Akuntansi Instansi, Pelaporan Keuangan. Para pengajar berasal dari Direktorat BPPK, Direktorat APK, Direktorat KPPN, serta STAN.

Jumlah peserta yang mengikuti diklat ini sebanyak 40 orang dan peserta diklat berasal dari berbagai instansi pemerintah seperti SKPD di Pemerintah provinsi, pemerintah kota, rumah sakit daerah, serta Kementerian yang mempunyai UPT di daerah. Diklat ini ditutup dengan pelaksanaan ujian serta peserta mendapatkan sertifikat kelulusan.

Print Friendly

Kategori: Berita

 

Kategori:
Link Terkait:
Unit Kerja: