Fasilitasi Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI di Cikarang, Jawa Barat

(Cikarang, 23 Agustus 2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi Kominfo bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Indonesia menyelenggarakan ujian Sertifikasi Profesi sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk bidang keahlian : 1. Programmer (Cluster Junior Programmers); 2. Jaringan (Cluster Junior Network Administrator); 3. Multimedia (Cluster Junior Graphic Designer).

Kegiatan ini diperuntukkan bagi angkatan kerja muda utamanya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang TIK, dengan target peserta sebanyak 60 orang. Kepala Badan Litbang SDM yang diwakili oleh Kepala Pusat Litbang Literasi dan Profesi Kominfo Prof. Dr. Gati Gayatri, MA, dalam acara sambutan di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Cikarang-Bekasi tanggal 22 Agustus 2013 yang akan berlangsung sampai 24 Agustus 2013 antara lain menyampaikan bahwa TIK mampu merubah dunia yang bulat seakan-akan menjadi rata, hal ini tercermin pada pola aktivitas masyarakat teknologi yang kini semakin dekat, semakin cepat dan semakin mudah untuk berinteraksi, lebih lanjut disampaikan bahwa tenaga kerja yang kompeten dari negara lain dapat menyeberang ke lintas negara mengambil peluang pekerjaan di negara yang SDM nya masih tertinggal dan belum memiliki kompetensi yang standar.

Agenda Regional Asean Free Trade Area (AFTA) pada tahun 2015 juga memaksa seluruh kawasan ASEAN termasuk Indonesia untuk bergabung dalam kesepakatan kawasan perdagangan bebas. Hal ini merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi tenaga kerja nasional Indonesia sehingga diperlukan tenaga kerja profesional yang tersertifikasi agar mampu bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain.

Sementara itu Ketua Pelaksana dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Evaluasi dan Pelaporan, Purwanto, SE, M.Si menyampaikan bahwa, pada tahun 2013 ini Pusat Litbang Literasi dan Profesi Kominfo merencanakan untuk menyelenggarakan 8 (delapan) kali kegiatan ujian sertifikasi nasional berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan peserta masing-masing 60 peserta bertempat di BPPTIK Cikarang, MMTC Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Pusat TIK Nasional Ciputat/Jakarta.

Pada akhir laporan disampaikan bahwa bagi lulusan SMK khususnya bidang TIK yang berminat mengikuti ujian sertifikasi masih diberi kesempatan untuk mendaftar secara on-line melalui http://balitbang.kominfo.go.id. Pelaksanaan ujian berikutnya pada tanggal 26 Agustus 2013 di MMTC Yogyakarta dan diteruskan lokasi lainnya sampai dengan akhir September 2013. (fjr).

 

 

Print Friendly

Kategori: Berita

 

Kategori:
Link Terkait:
Unit Kerja: